Mengambil keputusan kerja atau kuliah

kuliah tidak ya

Tue, 11 Feb 2020 3:39am (4-tahun lalu)

Memasuki jenjang pendidikan kelas 3 SMA pemikiran yang timbul pada anak-anak yang berkemampuan ekonomi keluarganya cukup pas kurang terdapat 2 pilihan, melanjutkan pendidikan kuliah atau kerja. Mengatasi permasalahan tersebut tentunya dipertimbangkan dengan potensi kemampuan diri, Bagaimana potensi sekolaha Anda ? pintar berprestasi atau tidak ?

 

Melanjutkan kuliah

Jika pintar serta memiliki prestasi yang bagus, sebaiknya berusaha melanjutkan pendidikan ke unifersitas, jurusan yang diambil disesuaikan dengan minat bakat. Minta izin orang tua agar dipertimbangkan direncanakan kemampuan keuangan, misalnya dapat menjual lahan atau minta bantuan kerabat sebagai tambahan biaya pendidikan nantinya.

Jika sambil kuliah bekerja, ambil satu tujuan konsentrasi utama ke kuliah. Jika kemampuan keuangan dirasa minim, ambil jenjang D1 atau D3 dulu. Memiliki niat tujuan yang pasti yaitu mengenyam pendidikan, kehidupan keluarga dipertaruhkan untuk biaya kuliah Anda.

 

Rajin berdoa

Tidak lupa untuk tetap berdoa selain konsentrasi pada pendidikan -ora et labora-, sehingga fokus pada tujuan niatnya mengenyam pendidikan serta pasrah merasa tentram, tidak terkejut/ sakit hati jika nantinya terdapat permasalahan ditengah perjalanan mengenyam pendidikan, DO kekurangan biaya misalnya.

 

 

Bekerja setelah lulus SMA

Kemampuan ekonomi keluarga cukup pas kurang, serta nilai pendidikan prestasi belajar minim, pilihan bekerja setelah lulus SMA merupakan pilihan tepat. Apa pekerjaan lulusan SMA ? Anda dapat gabung dengan pekerja kontruksi, menjadi buruh bangunan, satpam, tukang parkir, sopir, penunggu toko, ikut bekerja pada orang dan sejenisnya, diawal mungkin sukar penghasilannya namun ilmunya yang penting perlu dikuasai. Ada saatnya nanti misal 10tahun yang akan datang Anda memiliki permodalan usaha pada pekerjaan yang sedang dipelajari.

 

 

Menginginkan kuliah tapi kemampuan finansial keluarga kurang

Menginginkan kuliah tapi tidak dipungkiri kemampuan finansial keluarga kurang, tidak dapat membiayai bahkan kerabat tidak ada yang dapat membantu. Sebaiknya tidak usah kuliah, bagaimana nanti jika putus ditengah jalan, hanya membuang-buang uang dan juga semisal setelah lulus nantinya tidak mudah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan, bukan hanya S1, S2juga banyak yang ngangur, ribuan tumpukan surat lamaran pada perusahaan Kami pribadi menyaksikan, saat di Panin Bank, kurir pos atau konsultan pembangunan.

 

 

Perencana keuangan sederhana

Berikut aplikasi perencana keuangan sederhana ( simple financil planer ) milik Kami pribadi yang dibuat dan diprogramkan sejak tahun 2003 hingga 2008, terprogram secara sukses sesuai rencana dan terhenti setelah memassuki kegiatan pekerjaan konsultan pembangunan dan wacana media koran, bukannya tidak lancar penghasilan sebagai konsultan pembangunan dan wartawan, namun arus kehidupan dunia proyek, konsentrasi pekerjaan dan anggaran tidak dapat dan sukar dibukukan, misalnya, untuk isi pulsa tinggal sma saja, dan sudah menumpuk ratusan ribu atau tagihan-tagihan lainnya. Tidak terpikirkan masalah tersebut, menganggap masalah sederhana, tinggal menghubungi salah satu partner kerja -Hallo bos, bensin habis mau kelapangan,.. atau Hallo, bangunan dinding volume kurang 1meter- sekedar seratus ribu sehari merupakan permasalahan kecil, mudah didapat, seujung kuku.

Berikut simple financial planner program dalam format exel, yang perlu diperhatikan tidak cocok untuk type pekerjaan proyek, buruh bangunan yang penghasilannya tidak tepat atau type pekerjaan lainnya yang kehidupan tidak teratur.
Sangat cocok untuk kehidupan yang baru lulus pendidikan SMA atau karyawan usia bagus 17 - 20tahun.

 

Download Perencana keuangan sederhana format exel click disini (file removed, pindah hosting Takterbackup)

Keterangan:
-isikan sell berwarna biru.
-isikan form data-data penghasilan pengeluaran rata-rata perbulan.
-pada saving terdapat 3 kolom, Investasi jangka pendek, Investasi jangka panjang dan rencana Modal Kerja. Tidak perlu diisi semuanya, misal:
Investasi jangka pendek = berencana kursus keahlian khusus memperbaiki ponsel, komputer, bahasa inggris atau keahlian tertentu, nantinya berharapan membuka usaha sendiri.
Investasi Jangka Panjang = jika menginginkan melanjutkan pendidikan S1 atau S2.
Modal kerja = Modal kerja atau modal usaha jika menginginkan mempersiapkan berwirausaha dimasa depan.

 

Jika setelah Anda mengisi form tersebut dan mendapati Sisa minus atau Kurang, yang dibutuhkan yaitu mempererat ikat pinggang dengan mengurangi rata-rata jumlah pengeluaran perbulan.

 

Bersifat pribadi rahasia, dapat ditambahkan password pada file exel tersebut agar tidak dilihat orang, dengan cara, click menu logo office pada kiri atas -> prepare -> encrypt document (isikan password)

 


=======
Tentang penulis:
lulus SMA (2002) bekerja buruh bangunan di Jakarata Timur, matraman, Jakarta selatan dan Cipinang.
2004 bekerja Perusahaan Panin Bank, beberapa Perusahaan Kurir Pos di kawasan Slipi, Jakarta pusat dan matraman
2005 - 2009 Konstruksi dan Anggaran Proyek bangunan di Kabupaten Lebong Bengkulu saat maraknya pembangunan era otonomi daerah.
=======

 

=======

Terdapatnya ketidaknyamanan terdapatnya Aku. siapa peduli kamu, setiap manusia memiliki permasalahan tersendiri.
Website benny9.my.id merupakan kumpulan artikel, catatan, pribadi dan publik. Aku Administrasi tetap saja Aku, Nama atau Pihak, sedangkan Kami lebih mengfungsikan lebih dari 1orang.

=======